Mulut Air

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf mendampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Prasetio Edi Marsudi meninjau pengerjaan pelebaran mulut air di Jalan Asia Afrika, tepatnya di depan Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

“Pelebaran mulut air di kawasan yang sempat tergenang ini sudah dikerjakan sejak Rabu (18/12) lalu,” ujar Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf (21/12).

Juaini menjelaskan, dalam kegiatan ini, mulut air dilebarkan dari semula berukuran 30 sentimeter menjadi satu meter. Pelebaran mulut air di sepanjang kawasan ini dilakukan untuk memperlancar aliran air masuk ke saluran saat hujan deras.

“Tujuannya supaya air tidak mengantre masuk saluran. Waktu itu mulut air terlalu kecil. Sehingga air mengantre masuk saluran dan timbul genangan di jalan,” kata Juaini.

Menurut Juaini, total mulut air yang dilebarkan di kawasan ini ada sebanyak 19 titik. Per hari, jumlah personel Satuan Tugas (Satgas) SDA yang ditugaskan mengerjakan pelebaran mulut air di lokasi mencapai 15-20 orang.

“Ditargetkan pengerjaannya dua minggu selesai. Setelah mulut air dilebarkan, sudah tidak ada lagi antrean air. Insya Allah ini bisa mengantisipasi genangan,” tuturnya.

Sementara Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi berpesan kepada seluruh jajaran Dinas SDA DKI agar merutinkan pengerukan di seluruh wilayah Ibukota. Para personel Satgas SDA juga diminta siap siaga menangani banjir dan genangan selama musim hujan.

“Koordinasi juga dengan pemilik utilitas. Karena banyak kabel-kabel di badan saluran yang mengganggu aliran air,” tandasnya. (hop)