Nataru

Kastara.ID, Depok – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri didampingi Camat Cimanggis Abdul Rahmad beserta seluruh lurah se-Kecamatan Cimanggis, Kepala Dinas Perdagangan dan Prindustrian (Disdagin) Kota Depok Zamrowi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfo) Manto, dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Sidik Mulyono, sidak ke Pasar Cisalak guna memastikan ketersedian bahan pangan dan kestabilan harga pangan di Kota Depok menjelang Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Supain Suri dalam wawancara singkatnya mengatakan, untuk jelang akhir tahun 2021 ini sangat penting untuk mengetahui kenaikan harga bahan pokok di pasar karena ini menyangkut tugas dan fungsi pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menekan inflasi, dan yang paling utama mensejahterakan masyarakat.

Supian menambahkan, ketiganya saling berkorelasi satu sama lainnya. Ketika laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tetapi inflasi juga tinggi tentunya akan membawa dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga menyampaikan, pemerintah mempunyai kewajiban menjaga kewaspadaan agar perekonomian di daerah Depok tumbuh dengan baik. Pemerintah bersama unsur yang terkait perlu mencermati bersama ketersediaan komoditas utama menyumbang inflasi, agar tetap dalam jumlah yang cukup dan harga terjangkau pada menjelang Natal dan Tahun Baru di Depok.

Ada beberapa langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah Kota Depok seperti mengintensifkan pemantauan pergerakan harga kebutuhan bahan pokok secara perhari, memastikan ketersediaan dan pasokan bahan pokok di pasar terutama pasar tradisional dan pasar ritel modern di wilayahnya masing-masing, memastikan jalur distribusi atau logistik tidak terganggu di tengah pengetatan pergerakan mobilisasi masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, memanfaatkan platform perdagangan secara online di rumah, dan melakukan ajakan moral dalam rangka pembentukan masyarakat, jika belanja di pasar tidak terlalu berlebihan.

Supian Suri membawa pesan dari Wali Kota Depok Mohammad Idris, agar masyarakat Depok jika berbelanja di pasar jangan berlebihan menjelang Nataru ini mengingat sekarang di Kota Depok inflasi mendekati target nasional sebesar 1.30%. Berbelanjalah di pasar tradisional yang ada di Kota Depok, karena pasar yang kita punya sudah nyaman, tidak becek lagi, dan harga-harga bersaing murah, serta bahan pokoknya sudah terbukti, agar masyarakat menghindari inflasi di Kota Depok. (*)