Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Riza Patria menghadiri kegiatan donor darah dan pembagian paket sembako yang dihelat Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Inggard Joshua di Jalan H Kelik, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pada kesempatan tersebut, Riza menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya kegiatan donor darah yang bukan pertama kalinya digelar.

Ia berharap, kegiatan donor darah ini dapat dilakukan secara berkelanjutan, khususnya di masa pandemi COVID-19 yang masih melanda Ibukota.

“Donor darah ini kegiatan kemanusiaan dan sosial yang luar biasa. Saya berterima kasih kepada Pak Inggard, ” ujarnya (22/1).

Riza menjelaskan, Pemprov dan DPRD DKI Jakarta memiliki komitmen yang sama untuk membantu masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaan yang rutin diadakan.

Ia pun mengajak warga ikut terlibat aktif mendonorkan darah secara rutin tiga bulan sekali. Mengingat, sebelum masa pandemi, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta bisa menerima 1.000-1.300 kantong darah per hari. Namun, sejak pandemi stok kantong darah turun drastis menjadi 300 per hari.

“Donor darah merupakan kegiatan sangat penting, mulia dan strategis untuk meringankan penderitaan sesama manusia,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Inggard Joshua mengungkapkan, antusiasme pendonor darah dalam kegiatan ini sangat tinggi. Hal tersebut terbukti dari jumlah pendonor yang mencapai 170 orang dari target 100 kantong darah.

Inggard menambahkan, dalam kegiatan ini juga disiapkan 1.000 paket sembako yang akan didistribusikan bagi warga terdampak banjir dan rob, khususnya di wilayah Jakarta Barat.

“Sebagai warga Jakarta, kita juga mempunyai tanggung jawab untuk membantu sesama yang membutuhkan,” tandasnya. (hop)