Simulasi

Kastara.ID, Depok – Mendekati pelaksanaan pemilu, KPU Kota Depok menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak Tahun 2019. Simulasi berlangsung di TPS 10 (Lapangan Futsal Family Jalan Sirsak) RT 01/RW 03, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mempersiapkan pemilu 2019 secara baik, sehingga pada saatnya nanti pun dapat terlaksana dengan baik pula.

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang digelar hari ini adalah upaya untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilu secara baik tersebut. Tujuan dari diselenggarakannya simulasi ini adalah untuk mengetahui secara pasti hal-hal teknis yang dijumpai oleh KPPS pada hari H pencoblosan nanti.

“Kami ingin mengetahui apa saja hal yang perlu dipersiapkan secara matang, mulai dari kesiapan KPPS, pengelolaan logistik, pelayanan terhadap pemilih, mekanisme menggunakan hak pilih, sampai kepada berapa durasi waktu yang dibutuhkan dari mulai TPS dibuka sampai dengan penghitungan suara selesai,” papar Nana.

Pemilu yang sukses, lanjut Nana, salah satu indikatornya adalah berjalannya kegiatan pemungutan dan penghitungan suara secara lancar di TPS. Dengan simulasi ini, KPU ingin memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

“Harapannya, simulasi ini bisa menjadi gambaran dan bayangan bagi puluhan ribu anggota KPPS lain yang tersebar di seluruh Kota Depok. kami terus bermunajat semoga pelaksanaan pemilu serentak 2019 di Kota Depok dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan sukses tanpa ekses,” pungkasnya. (*)