Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memastikan Indonesia tidak akan menerapkan lockdown atau menutup diri akibat virus corona. Doni menyebut hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meskipun saat ini penyebaran virus corona atau Covid-19 semakin masif.

Doni yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan, Jokowi telah memberikan interuksi agar tidak mengambil langkah lockdown. Menurutnya, pernyataan itu sudah menjadi keputusan pemerintah Indonesia.

Dikutip dari akun twitter Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Agus Wibowo, Ahad (22/3), Doni menyebut pemerintah lebih memilih melakukan menjaga jarak atau social distancing. Selain itu masyarakat juga diminta menghindari kerumunan massa atau kegiatan yang mengundang banyak orang.

Jika imbauan itu dipatuhi, Doni yakin dapat mengurangi jumlah masyarakat yang menjadi korban Covid-19.

Kebijakan berbeda justru dilakukan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Timor Leste. Negara-negara tersebut melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. Deputy Director Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai, aspek ekonomi menjadi pertimbangan utama Indonesia tidak melakukan lockdown.

Saat berkomentar pada Ahad (22/3), Eko menilai virus corona telah membuat ekonomi Indonesia melambat. Pemerintah berupaya menjaga agar penurunannya tidak tajam. Salah satunya dengan tidak melakukan lockdown. (mar)