Forum Anak Kota Depok

Kastara.ID, Depok – 40 anggota Forum Anak Kota Depok dibekali pelatihan public speaking oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok. Pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan kapasitas tugas forum anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P).

Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, selain sebagai pelopor dan pelapor, forum anak juga berkontribusi dalam perencanaan pembangunan daerah. Oleh sebab itu, imbuhnya, kemampuan berkomunikasi secara baik dan benar harus dimiliki oleh mereka.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin melatih dan membiasakan forum anak agar mampu berbicara di depan umum dengan baik, tidak hanya kepada teman sebaya tapi juga di depan orang yang lebih tua usianya,” katanya yang dimuat situs resmi Pemkot Depok (22/3).

Nessi menuturkan, pelatihan digelar selama dua hari yaitu 21-22 Maret 2022. Para peserta terdiri dari pengurus forum anak tingkat kelurahan, kecamatan, dan kota.

“Selama dua hari kemarin, peserta tidak hanya diberi ilmu teoritis tetapi juga praktik membuat sebuah event salah satunya Podcast,” ujarnya.

Lebih jauh kata Nessi, pelatihan kali ini mengangkat tema Berani Berbicara, Berani Ubah Dunia. Artinya dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, forum anak yang merupakan agen pelopor dan pelapor dapat menjadi duta-duta anak penghubung antara pemerintah dan masyarakat.

“Dengan kegiatan ini tentunya mereka bisa lebih mengoptimalkan perannya sebagai 2P dan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP),” pungkasnya. (dha)