Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi

Kastara.ID, Jakarta – Direktur Utama PT Waskita Karya, Destiawan Soewardjono mengabarkan, pihaknya telah menjual jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi kepada investor asal Hongkong, Kings Ring Ltd. Penjualan 30 persen saham itu dilakukan melalui anak usahanya, yakni PT Waskita Toll Road dengan nilai transaksi mencapai Rp 824 miliar.

Saat memberikan keterangan resmi (22/4), Destiawan mengatakan, direncanakan Waskita Karya akan melakukan penjualan sembilan ruas jalan tol. Penjualan atau divestasi ini adalah langkah awal dari rencana yang akan berlangsung pada tahun ini. Beberapa ruas lain menurut Destiawan, masih dalam proses negosiasi dan dalam tahap studi oleh investor.

Destiawan menuturkan, dana hasil penjualan Jalan Tol Medan akan digunakan untuk memenuhi kewajiban perusahaan kepada kreditur. Sisanya akan digunakan untuk tambahan modal kerja dan investasi proyek infrastruktur lain.

Kesepakatan penjualan saham jalan Tol Medan dilakukan pada Kamis (22/4) pukul 13.30 WIB bertempat di lantai 21 gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta. Perjanjian diteken oleh PT Jasa Marga Kualanamu Tol dan Kings Ring Ltd. Pihak Waskita diwakili oleh Direktur Utama Waskita Toll Road Septiawan Andri Purwanto. Sedangkan Kings Ring Ltd diwakili oleh CEO Road King Expressway Fung Tat Sun Patrick.

Setelah kesepakatan tersebut Kings Ring Ltd mendapat konsesi ruas tol sepanjang 61,7 kilometer. Kings Ring Ltd merupakan bagian dari grup usaha Road King Expressway (RKE). Perusahaan tersebut adalah salah satu investor jalan tol terkemuka di Asia Timur dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

Diketahui jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 kilometer mulai beroperasi sejak 2016. Proses pembangunannya menggunakan dana sekitar Rp 4,9 triliun.

Sebelumnya, PT Waskita Karya juga telah menjual kepemilikan beberapa ruas jalan tol kepada RKE. Di antaranya adalah 40 persen saham pada ruas tol Solo-Ngawi dan tol Ngawi-Kertosono. Penjualan dilakukan pada 2019.

Sebetulnya, ini bukan kali pertama Waskita Karya menjual jalan tol kepada Road King Expressway. Pada 2019, Waskita Karya juga melepas 40 persen saham pada ruas tol Solo-Ngawi dan tol Ngawi-Kertosono kepada Kings Key Ltd, salah satu anak usaha Road King Expressway. (mar)