Kasrara.ID, Jakarta – Indonesia telah sukses menggelar MotoGP pertama kali di sirkuit baru, Mandalika yang berlokasi di Lombok, NTB pada 20 Maret lalu.

Karena tahun ini adalah acara pertama di sirkuit baru, tentu ada beberapa masukan, kritik, dan saran dari Dorna Sports selaku penyelenggara balapan.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima hasil evaluasi sirkuit dari Dorna, termasuk rekomendasi perbaikan di beberapa area.

Salah satu yang menjadi perhatian utama tentu saja aspal di beberapa titik yang masih harus diperbaiki.

“Untuk catatan khusus dari MotoGP hanya pengaspalan di beberapa titik yang dirasa masih kurang bagus, sisanya tidak ada. Yang sekarang ini hanya permukaan lintasan saja sama pengecatan di beberapa tikungan,” kata Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), kepada CNN Indonesia.

Adapun soal hujan dan perbedaan waktu di Asia, itu dapat dimaklumi oleh pihak penyelenggara.

“Masalah cuaca tidak masuk ke dalam rekomendasi (dari MotoGP) karena mereka sendiri sudah punya jadwal buat di Eropa, jam tayang juga sudah pasti. Jadi mereka sudah tahu konsekuensi di Asia itu sedang hujan di bulan-bulan itu. Jadi ya ini kejadian alam,” jelas Priandhi.

Usaha ini dilakukan agar gelaran MotoGP dan balapan lainnya di Mandalika semakin membaik dari sebelumnya. (tra)