Vaksinasi

Kastara.ID, Depok – Kodam Jaya menggelar program vaksinasi massal Covid-19 di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang berada wilayah Jakarta. Terdapat 12 faskes yang disiapkan untuk vaksinasi gratis ini salah satunya di Kota Depok.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok Kolonel Inf. Agus Isrok Mikroj mengatakan, program pemberian vaksin merupakan instruksi Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dalam Aksi Nyata Dukung Percepatan Vaksinasi Pemerintah. Pemberian vaksin akan dilakukan beberapa pekan ke depan sesuai jadwal yang ditentukan.

“Pada pelaksaan hari ini 250 masyarakat di Kota Depok mendapatkan vaksinasi Covid-19, vaksin tersebut diberikan secara gratis. Pelaksanaan vaksin dilakukan hingga 17 Agustus mendatang,” ucapnya seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok (22/6)

Agus menjelaskan, selain Kota Depok terdapat 11 faskes yang disiapkan di berbagai wilayah di Jakarta yaitu RSPAD Gatot Subroto, RST Ridwan Meuraksa, RST Cijantung, dan Polkes Cijantung.

Kemudian Polkes Jakarta Timur, Polkes Jakarta Utara, RS Pusdikkes Jakarta Timur, Polkes Jakarta Pusat,  Polkes Jakarta Barat, Polkes Jakarta Selatan dan Polma Kodam Jaya.

“Kurang lebih 100 sampai 200 vaksin yang disiapkan untuk setiap pelaksanan. Namun semua tergantung ketersediaan jumlah vaksin yang didistribusikan kepada kami,” jelasnya.

Ditambahkan Agus, pemberian vaksin serentak merupakan upaya untuk membantu pemerintah mempercepat Herd Immunity (kekebalan komunal). Dalam hal ini Kodim Depok juga mendukung percepatan vaksinasi di Kota Depok.

“Hari Kamis (24/6) kami akan kolaborasi dengan Polres Metro Depok dalam pelaksaan pemberian vaksin yakni dengan penambahan target vaksin. Selanjutnya juga dengan Pemerintah Kota Depok di sejumlah wilayah Kecamatan Sukmajaya dan Limo,” tutupnya. (dha)