Gempa Lombok

Kastara.id, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berbagai macam bantuan yang bertajuk “Dari KKP untuk Lombok” tersebut telah terkumpul dan akan diberikan kepada korban gempa.

“Masing-masing pribadi karyawan mengumpulkan uang tunai (yang totalnya) Rp 396,614 juta,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/8).

Susi menambahkan, selain uang tunai, ada pula sumbangan logistik yakni 60 buah terpal, 11 kardus berisi pakaian layak pakai, 525 buah selimut, 45 buah mukena, dan kerudung 20 buah.

Akan disalurkan pula hewan kurban, yakni tiga ekor sapi dan 21 ekor kambing. Hewan kurban ini akan disalurkan ke lima dusun di wilayah Lombok.

Adapun rinciannya adalah Dusun Tukak Bendu yang terletak di kaki Gunung Rinjani akan disalurkan satu ekor sapi dan tujuh ekor kambing, selimut, terpal, ikan kalengan, baju layak pakai. Kedua, Dusun Nipah yang merupakan desa sentra nelayan akan disalurkan empat ekor kambing, selimut, terpal, ikan kalengan, baju layak pakai.

Ketiga, Dusun Mentigi yang juga sentra nelayan akan disalurkan empat ekor kambing, selimut, terpal, ikan kalengan, baju layak pakai. Keempat, Dusun Sorong Jukung dan Dusun Penyambuan, juga sentra nelayan, akan disalurkan satu ekor sapi, tiga ekor kambing, selimut, terpal, ikan kalengan, baju layak pakan. Terakhir, Dusun Sembalun Bumbung akan disalurkan satu ekor sapi dan tiga ekor kambing.

Susi juga mengungkapkan dari Pandu Laut Nusantara pun sedang mengumpulkan sumbangan. “Saya ucapkan kepada eselon 1 dan jajarannya terima kasih. Akhirnya kepedulian kita ini memberikan satu jumlah yang cukup,” tuturnya. (danu)