KBRI Antanarivo

Kastara.ID, Antananarivo – Dalam rangkaian acara Indonesia Trade, Tourisme & Investment Expo (ITTI) 2021 sekaligus dalam rangka semarak perayaan HUT RI ke-76, KBRI Antananarivo menyelenggarakan Business Matching dan Business Forum secara daring bekerja sama dengan BiznIDs (18/8). Kegiatan ini mempertemukan pengusaha Indonesia dengan pengusaha Madagaskar.

Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Antananarivo menjelaskan mengenai prosedur ekspor-impor, cara untuk penetrasi ke pasar Madagaskar, proyek investasi di Madagaskar, peluang investasi, serta perjanjian perdagangan yang dapat dimanfaatkan.

Sementara Konsul Kehormatan RI di Tamatave, Marco Raharitiana menjelaskan visi dan misinya serta fungsi utama Konsul Kehormatan Indonesia di Tamatave, yakni untuk meningkatkan citra Indonesia melalui promosi perdagangan, budaya, kuliner, pariwisata, dan investasi di Indonesia dan Madagaskar. “Saat ini, pasar Madagaskar didominasi oleh barang impor dari India dan RRT, sedangkan produk Indonesia masih sangat kompetitif untuk bisa peentrasi ke pasar Madagaskar dan banyak disukai orang-orang Madagaskar,” ungkap Marco.

Beberapa importir dan penyedia produk Indonesia sangat tertarik untuk menjual produk mereka di Madagaskar. Mereka menanyakan prosedur dan langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin memasarkan produknya di pasar Madagaskar. Seperti halnya PT Aroma, produk personal care dan parfum telah dipasarkan di negara Benin, Uganda, dan Nigeria dan ingin menjual produknya di Store Indonesia.

UKM Indonesia dapat berkolaborasi dengan KBRI Antananarivo dan Kementerian Perdagangan RI memfasilitasi penetrasi produk Indonesia di pasar Madagaskar terutama mencari distributor potensial di Madagaskar. (KBRI Antananarivo/ant)