Karhutla

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya telah melayangkan imbauan kepada kepala daerah untuk fokus pada penanganan kebakaran hutan, di Jakarta, Senin (23/9).

“Imbauan ini keluar menyusul adanya kabar sejumlah kepala daerah yang memilih pergi ke luar negeri saat daerahnya terjadi bencana karhutla,” kata Tjahjo Kumolo. Bahkan sebelumnya Presiden Jokowi juga telah menyentil para kepala daerah yang tidak peka terhadap bencana ini.

Dia mengatakan, berdasarkan catatan ketika asap pekat menyelimuti Kota Pekanbaru, Wali Kota Pekanbaru Firdaus justru pergi ke Kanada dari tanggal 16-21 September 2019. Tidak hanya itu, sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar pergi ke Thailand sejak tanggal 10-13 September 2019. Tjahjo menyayangkan tindakan tersebut mengingat warganya sedang menderita akibat dampak karhutla.

Terkait kasus tersebut, menurut politisi PDIP itu, Kemendagri tidak bisa memberikan sanksi administrasi baik itu pemecatan, teguran, atau menurunkan pangkat kecuali ada limpahan dari KPK. Kemendagri telah mengirimkan radiogram sebanyak tiga kali, dan yang terakhir berisi imbauan agar tidak meninggalkan tempat. Namun tetap saja ada yang tidak menghiraukannya. (rya)