COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan, kasus positif Covid-19 di Tanah Air turun. Rata-rata sekarang kasus harian Covid-19 di Indonesia mencapai 2.000-3.000-an kasus positif.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengimbau masyarakat tetap mewaspadai fenomena penurunan kasus Covid-19 tersebut.

Karena itu, masyarakat tetap diminta menjalankan protokol kesehatan (prokes) agar kasus Covid-19 tidak naik lagi karena ada ancaman pandemi Covid-19 gelombang ketiga.

Terlebih lagi, sekarang pusat ekonomi mulai dibuka serta adanya pembukaan pembelajaran secara tatap muka.

“Kita sudah melewati masa puncak Covid-19 kasusnya di bawah tiga ribu dan kegiatan dilakukan relaksasi. Kasus baru bisa terjadi di mana aktivitas pendidikan sekolah harus jadi perhatian kita,” tutur Menkeu, dalam siaran pers virtualnya, Kamis (23/9).

Menkeu melanjutkan, kasus Covid-19 memang menurun dan sempat meningkat karena ada varian Delta ini. Namun, Amerika masih menjadi negara tertinggi kasus Covid-19.

“Case Covid-19 menurun dari global yang turun. Adapun negara-negara yang membuka ekonomi di mana kasus delta meningkat bukan konseksuasi yang mudah,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Menkeu menambahkan, penurunan kasus Covid-19 adalah hasil kerja sama dari kebijakan yang telah dilakukan saat ini. (mar)