Food Station Tjipinang Jaya

Kastara.ID, Jakarta – Jajaran Direksi dan Komisaris PT Food Station Tjipinang Jaya mengunjungi lahan panen milik PT Shang Hyang Seri (SHS/Persero) di Sukamandi, Subang, Jawa Barat. Sebelumnya, kedua belah pihak telah melakukan perjanjian kerja sama.

Direksi PT Food Station Tjipinang Jaya yang hadir antara lain Direktur Utama Arief Prasetyo Adi, Direktur Keuangan dan Umum Thomas Hadinata, dan Direktur Operasional Frans M Tambunan. Adapun komisaris yang hadir yakni Komisaris Utama Sudirman Said dan Mayjen TNI (Pur) Abdul Rahman Kadir.

Dalam kunjungan tersebut, PT Food Station Tjipinang Jaya juga mengundang perwakilan dari Kemenko Perekonomian, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Jakarta, Badan Pembina BUMD DKI Jakarta, Biro Perekonomian, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) serta mitra PT Food Station Tjipinang Jaya.

“Ada lahan seluas 1.000 hektare milik PT SHS yang dikerjasamakan dengan kami dan akan dipanen hari ini. Hasilnya segera dikirim ke Jakarta,” ujar Arief, Jumat (23/10).

Dikatakan Arief, melalui kerja sama ini, pihaknya akan mendapatkan pasokan 20 ribu ton sampai dengan akhir tahun 2020 dengan estimasi produktifitas per hektare rata-rata mencapai enam ton.

“Tahun depan kalau sukses, kerja sama akan diperluas dengan mekanisme contract farming. Dengan begitu Food Station bisa meminta SHS menanam varietas tertentu di lahan yang dikerjasamakan,” katanya.

Seperti diketahui, sebelumnya pada Kamis (8/10), PT Food Station Tjipinang Jaya telah melakukan kerja sama pengadaan beras di lahan seluas 1.000 hektare dengan PT SHS di Sukamandi, Subang, Jawa Barat. Kera sama dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi paceklik di penghujung tahun. (hop)