Rusmin Amin

Kastara.ID, Jakarta – Program Tukang Uji Timbang alias Kang Ujang menerima Organization Internationale de Metrologie Legale (OIML) Award 2020 untuk sosialisasi metrologi legal mewujudkan tertib ukur, yang diberikan Presiden CIML DR Roman Schwartz dari Paris.

“Alhamdulillah, OIML Award merupakan buah karya bangsa Indonesia keseluruhannya. Bukan semata kementerian Perdagangan, Ditjen PKTN, apalagi hanya sekelas direktorat metrologi. Karena tanpa sinergitas antarelemen bangsa maka capaian belum tentu optimal,” ujar Direktur Metrologi Rusmin Amin usai pertemuan ke-55 Comittee International for Legal Metrology secara virtual dari Paris, Prancis, Kamis (23/10).

Salah satu kriteria nominasi unggulan, Rusmin Amin beralasan adanya penilaian kolaborasi pemerintah dan masyarakat dalam mengedukasi sosialisasi tertib ukur. “Inovasi program yang kami tawarkan itu Kang Ujang sebagai penerapan konsep Juru (tukang uji) Timbang, yang melibatkan komunitas masyarakat dalam membantu penyelenggaraan kegiatan metrologi legal,” ujar Rusmin didampingi Tim Kreatif Metrologi Legal.

Menanggapi ini Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag Veri Anggrijono mengatakan, kebanggaannya bahwa kreativitas dan inovasi mampu mewujudkan terobosan-terobosan program yang mengajak partisipasi masyarakat menunjang pemerintah.

“Ke depannya, Direktorat Metrologi dapat menjadi role model bagi unit metrologi legal kabupaten/kota dalam meningkatkan peran serta masyarakat mewujudkan tertib ukur,” ujar Dirjen Veri Anggrijono.

Sementara dari Paris, Presiden CIML DR Roman Schwartz menyatakan penghargaan OIML untuk Indonesia diberikan atas upaya-upaya Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan metrologi legal melalui kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat melalui terobosan yang dilakukan untuk mengedukasi masyarakat.

“Sekali lagi kami mengucapkan selamat kepada Indonesia,” ujar Schwartz disaksikan 200 peserta dari 61 negara anggota tetap dan 63 negara anggota koresponden OIML. Indonesia menjadi negara anggota tetap sejak 1960. Pertemuan ke-55 OIML berlangsung 20-22 Oktober 2020 secara virtual.

Penghargaan OIML diberikan bagi negara-negara yang memiliki perkembangan baik dalam metrologi legal. Tahun 2020 ini Indonesia dinominasikan dari usulan organisasi-organisasi metrologi legal regional atas inovasi dan terobosan melakukan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan metrologi serta dalam memperkenalkan metrologi dengan cara yang menarik dan mudah dikenal. (*)