Headline

Mendorong Percepatan Kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di era normal baru ini menggerakkan seluruh lini organisasi untuk menjawab tantangan sektor kelautan dan perikanan guna pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Hal tersebut menjadi imbauan Inspektur Jenderal KKP Muhamad Yusuf kepada seluruh direktorat dan unit pelaksana teknis di lingkup KKP agar mengarahkan kegiatan untuk PEN.

“Percepatan pelaksanaan kegiatan pemulihan ekonomi nasional diperlukan untuk menangani dampak pandemi Covid-19,” kata Yusuf dalam keterangan tertulis, Jumat (23/10).

Kendati mendorong kegiatan PEN, Yusuf mengingatkan agar para Kuasa Pengguna Anggaran di KKP untuk tetap mengedepankan azas kehati-hatian. Selain itu, aparatur negara harus tetap menggunakan anggaran secara efektif dan efisien.

Percepatan pembangunan, harus mengusung budaya integritas dan penerapan program anti korupsi di lingkungan KKP.

“Percepatan penyelesaian pelaksanaan kegiatan KKP Tahun 2020 harus dengan prinsip kehati-hatian. Orientasi kita arahkan agar kegiatan dan program tepat sasaran,” sambungnya.

Sementara Inspektorat Jenderal, kata Yusuf, akan terus mengawal kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan sekaligus menjaga reputasi KKP. Tak hanya itu, dia memastikan jajarannya siap mengawal tiap kebijakan dan program KKP terhindar dari kasus hukum dengan terus melakukan pengawasan, mengawal implementasi manajemen risiko di lingkungan KKP, implementasi pelayanan publik di lingkungan KKP, serta mengawal efektivitas pelaksanaan bantuan pemerintah serta mengawal percepatan reformasi birokrasi KKP.

“Kita pasti kawal akuntabilitas keuangan dan kinerja KKP dan mendorong implementasi Three Lines of Defense dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan KKP,” urainya.

Sebagai informasi, KKP telah melakukan sejumlah kegiatan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, khususnya terhadap masyarakat kelautan dan perikanan yang terdampak pandemi COVID-19, diantaranya kegiatan penanaman bibit mangrove, restorasi terumbu karang (Coral Reef Garden/ICRG), pelaksanaan bulan bakti karantina ikan, program gerakan makan ikan, dan bantuan benih, pakan serta alat penangkapan ikan. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

KBBI Wadah Untuk Jaring Aspirasi Warga Kota Depok

Kastara.Id,Depok - Program Nyentil Imam merupakan wadah menjaring aspirasi dan masukan untuk warga Depok yang…

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…