Kabinet baru

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi), selain melantik enam menteri baru, juga menunjuk beberapa nama untuk mengisi jabatan wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Mereka semua akan dilantik Rabu (23/12) di Istana Negara.

Berikut nama-nama wakil menteri baru yang ditunjuk Jokowi lewat kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju, yaitu Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Selanjutnya Wakil Menteri Pertanian Harfiq Hasnul Qolbi dan terakhir, Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Komar Syarif Hiariej.

Selain lima wakil menteri itu, Presiden Jokowi juga menunjuk beberapa orang untuk mengisi jabatan pimpinan lembaga tinggi negara, yaitu Kepala Badan Narkotika Nasional Petrus Golose dan Kepala Badan Restorasi Gambut Hartono Prawiraatmadja.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengocok ulang atau reshuffle kabinet dengan mencopot sejumlah menteri. Nama-nama baru lalu ditunjuk untuk menggantikan menteri-menteri yang tersebut.

Misalnya Budi Gunadi Sadikin ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Kemudian Sandiaga Uno dipercaya mengisi jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

M. Luthfi ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan yang baru menggantikan Agus Suparmanto. Lalu Yaqut Cholil Qoumas dipilih menjadi Menteri Agama menggeser Fachrul Razi.

Jokowi juga menunjuk dua nama baru untuk menggantikan Edhy Prabowo dan Juliari Batubara yang tersangkut kasus korupsi. Mereka adalah Sakti Wahyu Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dan Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial. Sakti Wahyu Trenggono sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. (ant)