“Penghargaan berupa pin emas seberat 0,5 gram dan piagam penghargaan,” ujar Sibroh.

Menurutnya, butuh waktu rata-rata 16 tahun untuk bisa donor darah 50 kali. Karena memang rata-rata dan idealnya donor darah bisa dilakukan per 2-2,5 bulan.

Disebutkan, saat ini stok darah di PMI DKI, sangat mencukupi untuk kebutuhan selama 15 hari ke depan. Karena stok mencapai sekitar 15 ribu kantong darah plasma dan trombosit.

Dia mengimbau dan mengajak masyarakat untuk terus melakukan donor darah. Selain menyehatkan juga dapat saling berbagi dengan sesama.

Sementara Staf Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI, Vicky Danis Irmansyah, mengapresiasi adanya pemberian penghargaan ini, karena dapat memotivasi warga lakukan donor.

Yamin Amadi (65), salah seorang penerima penghargaan mengaku sudah 65 kali melakukan donor darah sejak tahun 1998. Mulanya hanya ikut-ikutan temannya yang saya itu ada kegiatan donor darah di gereja. Namun karena merasakan banyak manfaatnya maka ia rutin donor darah. .

“Saat sakit, melihat betapa darah itu sangat dibutuhkan orang banyak. Karena itu ketika sembuh saya selalu donor darah. Selain menyehatkan juga bisa saling berbagi,” kata Yamin. (hop)