Virus Corona

Kastara.ID, Tokyo – Pemerintah Kota Tokyo, Jepang melaporkan seorang warganya terbukti positif terserang virus corona. Anehnya pria berusia 60 tahun itu diketahui tidak mempunyai riwayat melakukan perjalanan ke China dalam 14 hari sebelumnya. Pria yang bekerja sebagai staf di rumah perawatan lansia.

Media nasional Jepang, NHK, pada Sabtu (22/2) melaporkan, pada Rabu (12/2) pria tersebut mendatangi sebuah klinik kesehatan lantaran mengalami gejala seperti flu. Namun hasil diagnosa menunjukkan pria itu tidak mengidap pneumonia. Itulah sebabnya pria itu pulang ke rumahnya pada hari yang sama.

Pada Sabtu (15/2), pria itu bepergian ke Indonesia untuk berlibur bersama keluarganya. Saat kembali ke Jepang pada Rabu (19/2), pria itu mengalami sulit bernafas. NHK menyebut, pria itu hingga mengalami kondisi serius akibat kesulitan bernafas.

Pusat Pengendalian Penyakit Menular Virus Corona Novel Tokyo melalui laman pemerintah Kota Tokyo menurunkan laporan serupa dengan informasi dari NHK. Pusat pengendalian tersebut mengaku sudah melakukan pengujian terhadap pria tersebut dan hasilnya positif terinfeksi virus COVID-19. Kasus ini menjadikan jumlah warga Tokyo yang terinfeksi virus corona bertambah menjadi 29 orang.

Pria Jepang ini adalah orang kedua yang terinfeksi virus corona setelah pulang dari Indonesia. Sebelumnya warga negara China bermarga Jin terinfeksi virus penyakit mematikan itu setelah bepergian ke Bali, Indonesia. (har)