Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping menyebut epidemi corona menjadi darurat kesehatan terbesar dalam sejarah.

“Ini krisis bagi kami dan ini adalah ujian besar,” kata Xi, Ahad kemarin dalam sambutan yang disiarkan televisi pemerintah.

Hingga kini corona dilaporkan sudah menewaskan lebih dari 2.400 orang dan 80.000 lainnya sudah terinfeksi menurut data global. Dari data itu China merupakan yang terparah karena memang awal mula penyebaran virus ini diduga berasal dari Wuhan, kota di China bagian tengah.

Menurut Presiden, China harus terus belajar dari kekurangan yang ada dalam merespons merebaknya penyebaran virus corona. Terutama dalam koordinasi dalam memerangi penyebaran virus ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam responsnya terhadap epidemi virus corona. Meski pemerintah China mendapat kecaman dari warganya karena membungkam peringatan dini dari seorang dokter yang melaporkan pertama kali temuan virus corona. Dokter tersebut kemudian meninggal karena infeksi virus tersebut.

Xi melontarkan komentar ini ketika Korea Selatan menyatakan pihaknya meningkatkan kewaspadaan ke level tertinggi, setelah jumlah infeksi naik hampir tiga kali lipat selama akhir pekan menjadi 602 kasus. (har)