Senjata

Kastara.ID, Jakarta – TNI menerima sejumlah senjata api jenis CIS beserta dua butir amunisi kaliber 22 dari mantan simpatisan kelompok Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) berinisial YK (54).

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia – Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad Pos Toray Mayor Inf Rizky Aditya mengatakan, penyerahan senjata itu bermula saat upacara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) pada 15 Januari.

“Tepatnya pada hari Sabtu (22/2/2020) pukul 23.00 WIT telah datang ke Pos Toray warga Kampung Toray bernisial YK (54) yang secara sukarela menyerahkan 1 pucuk senjata api jenis CIS dan 2 butir munisi kaliber 22 dan diterima secara langsung oleh Danpos Toray Letda Inf Wesly Baslius Tanaem,” tutur Rizky, dalam siaran pers TNI, Senin (24/2).

Menurut pengakuan, YK merupakan mantan simpatisan TPN/OPM. Senjata api tersebut adalah pemberian dari saudaranya berinisial APG (60) yang merupakan warga Kampung Toray yang telah meninggal dunia.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan senjata api dan amunisi tersebut, pihaknya sudah melaporkan dan menyerahkannya ke Kolaksops Korem 174/ATW.

Sebelumnya, sejumlah senjata TNI dan Polri dikabarkan berada di tangan warga ataupun simpatisan OPM. Misalnya, senjata api milik anggota TNI yang tewas dalam kecelakaan Helikopter MI-17 di Papua, beberapa waktu lalu. (yan)