Hirschsprung

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin bersama Ketua TP PKK dan Baznas Bazis Jakarta Selatan mengunjungi kediaman Khairan Arsya Putra (2), penderita Hirschsprung di Jalan Pepaya Raya RT 12/05, Kelurahan Jagakarsa.

Kedatangan Munjirin bersama jajaran terkait untuk menyerahkan bantuan dan memberikan semangat keluarga dari Khairan Arsya Putra.

Dikatakan Munjirin, pihaknya bersama TP PKK dan Baznas Bazis tingkat kota datang untuk melihat kondisi Khairan Arsya Putra yang saat ini terbaring lemah disebabkan penyakit  Hirschsprung atau gangguan usus besar sehingga si penderita kesulitan buang air besar (BAB).

“Saya menerima laporan dari salah satu Advokasi Kesehatan KPW DKI Jakarta terkait kondisi Khairan Arsya Putra beberapa waktu lalu. Hari ini, kami datang membesuk dan memberikan bantuan bagi orang tua untuk membantu proses pengobatan,” ujar Munjirin (23/2).

Ia menjelaskan, Khairan sudah menjalani operasi pertama pembuatan saluran di perut sebagai pengganti saluran pembuangan kotoran di anus.

“Insya Allah, Khairan akan menjalani operasi tahap kedua yakni menutup anus di perut, pemotongan dan mengganti usus bermasalah dengan yang sehat sehingga saluran pembuangan kotoran di anus berfungsi normal,” jelasnya.

Munjirin juga mengajak warga Jakarta Selatan untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama warga yang sedang kesulitan pada masa pandemi COVID-19.

Sementara Plt Kepala Puskesmas Kecamatan Jagakarsa, Nita menambahkan, Khairan akan menjalani operasi lanjutan di RSUP Fatmawati dan ditanggung BPJS Kesehatan pada bulan Maret mendatang.

“Semoga operasi berjalan lancar dan kondisi Khairan semakin sehat setelah dioperasi,” tandasnya. (hop)