Forum Renja

Kastara.ID, Depok – Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok telah selesai dilaksanakan. Terdapat tiga isu strategis yang dirumuskan untuk tahun 2023.

“Dalam Misi Kota Depok tahun 2021-2026, DKP3 mengawal dua misi. Pertama, misi kedua, meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang modern dan partisipatif. Lalu, misi keempat mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing,” ujar Kepala DKP3, Widyati Riyandani, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (23/2).

Dikatakannya, isu strategis yang pertama adalah belum optimalnya ketahanan pangan melalui permanfaatan lahan dan pekarangan, aksebilitas dan penganekaragaman pangan. Sebab, imbuhnya, tidak mungkin satu sektor berdiri sendiri, akan lebih efektif bila bisa terintegrasi.

“Sesuai dengan tema Renja kita kali ini, yaitu bagaimana mengintegrasikan pertanian perkotaan untuk peningkatan kesejahteraan petani di Kota Depok,” ujarnya.

Isu strategis yang kedua adalah belum optimalnya penyuluhan dan pelayanan pertanian, perikanan, peternakan, kesehatan hewan serta kesehatan masyarakat veteriner. Widyati menjelaskan, saat ini untuk penyuluh perikanan berada di bawah kewenangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang membutuhkan komitmen yang sama.

“Dan yang terakhir yaitu belum optimalnya pengembangan budidaya pertanian, perternakan dan perikanan wilayah perkotaan. Integrasi pertanian perkotaan membutuhkan inovasi, sinergi, kolaborasi, pemanfaatan tekhnologi dan  kerja sama semua pihak dan semua sektor,” tandasnya. (dha)