Kepulauan Seribu

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu kembali menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemandu wisata di Vila Kedaton, Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Seksi Industri Suku Dinas Parekraf Kepulauan Seribu, Farizalludin mengatakan, kegiatan ini diikuti 60 peserta yang merupakan siswa SMA, karang taruna, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari Kelurahan Pulau Panggang, Kelurahan Pulau Kelapa dan Kelurahan Pulau Harapan.

“Kegiatan berlangsung pada tanggal 23-24 Maret 2022. Materi yang disajikan berupa teori dan praktik seperti etika pemanduan dan bagaimana cara memandu wisatawan yang baik dan benar,” ujarnya (23/3).

Menurutnya, profesi pemandu wisata ini sangat penting perannya dalam memajukan pariwisata di DKI Jakarta khususnya di Kepulauan Seribu. Mereka sebagai yang terdepan dalam memberikan informasi, mempromosikan serta memberitahukan keunikan serta daya tarik di masing-masing pulau.

“Minimal mencintai profesi sebagai pemandu wisata lokal hingga ke jenjang profesional itu harapannya. Jika ada yang berminat ke jenjang profesional, kita akan arahkan melalui program Diklat, Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kepariwisataan (P3K) di Dinas Parekraf hingga mendapatkan sertifikat dan masuk dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) cabang Jakarta,” tandasnya. (hop)