PMK

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta para pemudik tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), terutama memakai masker saat berinteraksi dengan banyak orang.

Dikatakan Ariza, setelah dua tahun pandemi, tahun ini pemerintah kembali memberikan keleluasaan untuk melakukan mudik.

“Patut disyukuri, namun perlu tetap hati-hati dan melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya usai menghadiri Gema Ramadhan ICMI DKI Jakarta di Masjid Jami Baiturahman, Jalan Musyawarah, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (23/4).

Untuk menghindari terjadinya kepadatan atau kemacetan, Ariza mengimbau agar para pemudik bisa mengatur atau menjadwalkan keberangkatan lebih awal.

“Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kemacetan kendaraan baik di ruas jalan tol maupun tempat-tempat lain yang digunakan saat arus mudik. Saya minta masyarakat cerdas mengatur jadwal mudik dan balik ke Jakarta,” terangnya.

Ditambahkan Ariza, untuk meminimalisir terjadinya kemacetan, masyarakat yang akan mudik bisa menggunakan sarana moda transportasi massal. Terlebih, saat ini banyak pihak memfasilitasi mudik gratis, termasuk Pemprov DKI yang akan memberangkatkan 292 bus saat arus mudik dan 200 bus ketika arus balik.

“Saya berharap pemudik bisa menggunakan pesawat, kereta, bus, atau kapal,” tandasnya. (hop)