Kastara.id, Assen – Rookie Monster Yamah Tech3, Johann Zarco sukses mencuri posisi pole MotoGP Belanda dari pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Pebalap asal Prancis itu mencetak waktu terbaik 1 menit 46.141 detik. Sedangkan Marquez yang harus puas start ketiga usai finis +0.065 detik lebih lambat dari Zarco.

Seperti dilansir Crash.net, posisi start tiga besar diisi nama pebalap tim satelit Octo Pramac Racing Ducati, Danilo Petrucci. Dua pembalap lainnya yang akan memulai balapan dari posisi lima besar adalah jagoan Movistar Yamaha Valentino Rossi dan rekan setim Petrucci, Scott Redding.

Posisi enam dan tujuh kali ini berhasil diamankan oleh rekan setim Zarco di Terch3, Jonas Folger dan jagoan Pull & Bear Ducati Satelit, Alvaro Bautsita. Sementara pebalap Satelit LCR Honda Cal crutchlow dan jagoan Ducati Team Andrea Dovizioso masing-masing akan start dari posisi 8 dan 9.

Kejutan berhasil dihadirkan oleh rookie asal Inggirs yang membela Aprilia Racing Gresini Sam Lowes dengan gap hampir dua detik dan masuk di posisi 10 besar.