Kastara.ID, Assen — Memasuki run kedua sesi Kualifikasi 1 MotoGP Belanda, Sabtu (14/6), taktik pembalap Repsol Honda, Marc Marquez semakin terbaca.

Pembalap Spanyol itu sempat duduk di atas motornya menunggu beberapa saat, kemudian setelah pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini memasuki lintasan, Marquez dengan segera menyusul tepat di belakang pembalap Italia itu.

Pada kejadian towing pertama, Bastianini melakukan kesalahan, yang berakibat pada Marquez juga terganggu waktu lapnya, buntut dari Marquez menempel terlalu dekat.

Kemudian di lap kedua Bastianini mencoba melaju dengan kecepatan penuh lagi.

Namun Bastianini melakukan sedikit kesalahan dan harus melebar. Berakibat harus memelankan motornya dan melaju di luar racing line, sambil menoleh ke belakang untuk memeriksa pembalap yang lewat.

Marquez yang menempel di belakang Bastianini melakukan apa yang dilakukan Bastianini, Marquez juga menoleh ke belakang namun posisinya terlalu dekat dengan Bastianini.

Marquez kemudian menabrak ban belakang motor Bastianini ketika keduanya sama-sama melaju di pinggir lintasan dengan kecepatan rendah.

Dan Marquez pun terjatuh usai kontak akibat menoleh usai menabrak motor Ducati nomor start #23 karena beriringan terlalu dekat.

Dengan sesi tersisa hanya beberapa menit, Marquez gagal mencetak waktu lap terbaik dan harus start dari posisi start ke-17 di starting grid.

Ini bukan kali pertamanya Marquez membuntuti pembalap lain dengan dekat, tapi kali ini dia akhirnya mengalami kesialan karena towing.

Sprint Race MotoGP Belanda akan berlangsung pada Sabtu (24/6) usai Kualifikasi. Sedangkan Race utama berlangsubg Ahad (25/6). (tra)