Jaksa Agung

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidus) Sudono Iswahyudi mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat pensiunan jaksa karir sebagai jaksa agung. Pasalnya jaksa karir dirasa lebih paham kondisi internal Korps Adhyaksa. Jaksa agung dari kalangan internal juga lebih memahami tugas dan kewenangan serta tanggung jawabnya. Selain itu Sudono berharap kursi jaksa agung diisi oleh figur yang independen.

Dorongan serupa juga disuarakan Koalisi Indonesia Negara Hukum yang terdiri dari para Purna Adhyaksa. Menurut mereka, jaksa agung lebih baik diambilkan dari kalangan internal, baik jaksa yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.

Menanggapi usulan tersebut, Jaksa Agung HM Prasetyo menyatakan memang sebaiknya pimpinan lembaga kejaksaan berasal dari kalangan internal. Jaksa karir menurut Prasetyo sudah ‘merangkak’ dari bawah. Sejak memulai tugas sebagai jaksa dilanjutkan mutasi dan promosi ke mana-mana.

Prasetyo menambahkan, jaksa karir sudah merasakan segala suka duka menjadi jaksa serta mengembangkan kewajiban dan tanggung jawab. Sudah barang tentu mereka lebih memahami tugasnya. Prasetyo menegaskan, tugas jaksa sangat teknis dan tidak bisa ‘ujug-ujug.’ Itulah sebabnya ide menjadikan jaksa karir sebagai jaksa agung menurut Prasetyo sangat tepat. Prasetyo yakin jaksa agung dari internal akan bekerja profesional. (rya)