Nasdem

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Johnny G Plate memberikan pembelaan terhadap Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita yang tiga kali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Johnny menepis anggapan Enggar yang juga kader Partai Nasdem itu tidak taat hukum. Johnny menyebut Enggar, panggilan Enggartiasto, tidak memenuhi panggilan KPK lantaran sedang pergi ke China dalam upaya memperbaiki kondisi keuangan negara yang sedang defisit.

Johnny menjelaskan, kepergian Enggar ke China sebagai tindak lanjut dari pembicaraan antara Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping saat menghadiri pertemuan G20 di Osaka, Jepang beberapa saat lalu. Johnny menambahkan, jika kepergian Enggar ke China dibatalkan maka akan ada banyak peluang yang terbuang.

Johnny meminta semua pihak memahami dan tidak selalu memojokkan Mendag. Pasalnya tugas utama menteri adalan untuk kepentingan negara. Terlebih, dalam upaya mengungkap kasus korupsi yang dilakukan Bowo Sidik Pangarso, masih banyak pihak yang belum diperiksa. Johnny meminta agar KPK mengurus dulu orang lain yang juga terkait dengan kasus ini.

Johnny yakin KPK bisa objektif melihat mana yang prioritas utama, dan mana yang bisa didahulukan.

Seperti diketahui, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sedianya harus memenuhi panggilan KPK pada Kamis (18/7). Namun Enggar mangkir dengan dalih sedang berada di luar negeri. Pada dua pemanggilan sebelumnya, Senin (1/7) dan Senin (8/7) lalu Enggar juga mangkir dengan alasan sedang menjalankan tugas negara. (mar)