17 Agustus

Kastara.ID, Jakarta – Jelang peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia (RI), penjual bendera, umbul-umbul dan aksesori peringatan kemerdekaan tampak mulai marak di sejumlah lokasi di Jakarta Timur.

Para penjual bendera kini tampak dengan mudah ditemui di akses masuk Pasar Jatinegara, Jalan Raya Matraman, Jalan Bekasi Timur, Jalan Jatinegara Timur, Jalan Jatinegara Barat, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Raya Bogor.

Nana (34), salah seorang penjual aksesori peringatan kemerdekaan RI mengaku bersama rekan-rekannya sudah berjualan sejak sepekan lalu. Suasana pandemi COVID-19 saat ini menurutnya cukup mempengaruhi penjualan bendera yang dilakoninya.

“Saat ini belum ramai pembeli, selain karena pandemi kemungkinan juga karena belum masuk bulan Agustus. Tapi kami optimistis pembeli akan semakin banyak saat mendekati peringatan HUT RI 17 Agustus,” ujar Nana saat ditemui di Jalan Raya Bogor, Jumat (24/7).

Hal yang sama juga dikatakan Slamet (42), pedagang bendera lainnya di kawasan Pasar Jatinegara. Menurutnya, saat ini memang belum begitu ramai pembeli.

“Pembelinya belum ramai. Kami melayani partai besar dan kecil,” katanya.

Dikatakan Slamet, untuk harga bendera maupun aksesorinya bervariasi tergantung dari jenis bahan dan ukurannya. Harganya mulai dari Rp 40 ribu sampai dengan Rp 250 ribu. Sedangkan untuk masker bergambar semarak HUT RI dijual seharga Rp 10 ribu dan selusin dijual Rp 95 ribu. (hop)