Wisatawan

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 7.607 wisatawan lokal dan mancanegara mengunjungi Kepulauan Seribu selama libur panjang, 20-23 Agustus kemarin.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu, Puji Astuti mengatakan, wisatawan datang dari berbagai dermaga seperti Marina Ancol, Kaliadem, Tanjung Pasir, dan Dermaga Rawasaban.

“Wisatawan masuk dari dermaga yang ada di Jakarta dan Tangerang,” ujarnya, Senin (24/8).

Dia memaparkan, dari 7.607 wisatwan tersebut, 7.540 di antaranya merupakan wisatawan dalam negeri dan 67 turis mancanegara. Mereka berlibur di pulau permukiman dan pulau resort yang ada di Kepulauan Seribu.

Selama libur panjang tersebut, jelas Puji, petugas gabungan dari Satpol PP, Sudin Kesehatan, Sudin Parekraf dan gugus tugas pulau aman serta aparatur kelurahan melakukan monitoring penerapan protokol kesehatan secara ketat di dermaga keberangkatan dan kedatangan.

“Wisatawan diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta cek suhu tubuhnya. Kapasitas penumpang kapal juga tetap dibatasi 50 persen dari jumlah kursi yang ada,” tandasnya. (hop)