Mohammad Idris

Kastara.ID, Depok- Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak seluruh orang tua untuk senantiasa sigap melindungi anak-anaknya dari kekeraasan, khususnya di masa pandemi Covid-19. Sebab keluarga merupakan benteng utama bagi anak dalam menjalani kehidupannya.

“Orang tua merupakan kepala keluarga, merupakan benteng utama dibanding apapun itu,” katanya saat memberikan sambutan di Konseling Edukasi Club (Kece) Kecamatan Pancoran Mas melalui aplikasi Zoom, Senin (24/8).

Ditambahkan Idris, secara nasional kasus kekerasan terhadap anak setiap tahunnya meningkat, salah satu langkah untuk memutus mata rantai kasus kekerasan ada pada keluarga.

Idris mengatakan, orang tua sangat dominan penting dalam membentuk jati diri seorang anak, baik mental maupun intelektual atau kecerdasan.

“Ada tiga yang harus dibentuk pada diri anak, yakni mental berkaitan dengan psikologisnya. Lalu fisik dari segi asupan makanan, cara berolahraga dan lain-lain. Kemudian sisi intelektualnya atau kecerdasan berpikir anak,” tegasnya.

Dirinya memberi contoh, didiklah anak-anak seperti metodenya Ali bin Abi Thalib. Yaitu mendidik anak pada usia tujuh tahun pertama, kemudian diperketat kedisplinannya pada tujuh tahun kedua atau usia 8-14 tahun.

“Artinya ada cara dalam mendidik anak harus sesuai usianya, terutama masa remaja anak adalah teman bagi orang tuanya,” katanya.

Idris berharap semua stakeholder yang mengikuti Webinar ini menjadi duta menyampaikan informasi pengetahuan dari narasumber ke masyarakat lainnya. (*)