Fendouzhe(theglobalherald.com)

Kastara.ID, Jakarta – China melaporkan kapal selam berawak, Fendouzhe atau Striver, berhasil mencapai dasar Palung Mariana, palung laut terdalam di dunia, pada Jumat (20/11) pekan lalu.

China menyiarkan langsung momen bersejarah itu melalui stasiun televisi negara CCTV. Fendouzhe yang berisikan tiga kru kapal berhasil turun lebih dari 10 kilometer ke dalam palung laut yang terletak di Samudra Pasifik itu.

Rekaman gambar dari kamera laut yang terpasang memperlihatkan kapal selam berwarna hijau dan putih bergerak turun ke dasar laut secara perlahan dikelilingi pemandangan gelap dan awan sedimen hingga akhirnya mendarat di dasar laut.

“Fendouzhe, kapal selam berawak ketiga China sedang mengamati banyak spesies dan penyebaran mahluk hidup di dasar laut,” kata para ilmuwan dari dalam kapal selam kepada CCTV seperti dikutip AFP, Selasa (24/11).

Sejauh ini, hanya segelintir orang yang pernah mencapai dasar Palung Mariana, cekungan berbentuk bulan sabit di dasar bumi yang memiliki tinggi lebih dari Gunung Everest dengan panjang lebih dari 2.550 kilometer.

Pada 1960 penjelajah pertama berhasil mencapai Palung Mariana. Sejak itu tidak ada misi serupa lagi sampai akhirnya sutradara Hollywood James Cameroon melakukan ekspedisi solo pertama ke dasar Mariana pada 2012 lalu.

China berharap Fendouzhe menjadi standar kapal laut Negeri Tirai Bambu di masa depan.

Untuk diketahui, kapal selam Fendouzhe dilengkapi dengan lengan robotik yang berfungsi mengumpulkan sampel biologis dari dasar laut. Lengan kapal selam itu juga berfungsi sebagai “mata” sonar untuk mengidentifikasi objek di sekitarnya.

Fendouzhe membawa begitu banyak peralatan penelitian sehingga para peneliti menambahkan ruang tambahan berbentuk dahi pada kapal yang berisikan bahan apun untuk menjaga keseimbangan.

Tekanan air di dasar palung mencapai delapan ton per inci persegi atau sekitar seribu kali tekanan atmosfer di permukaan laut. Meski begitu, para ilmuwan dalam kapal selam mengatakan, menemukan banyak kehidupan yang berada di dasar palung yang gelap dan dingin tersebut. (har)