“Kami bangga atas capaian atlet kontingen DKI Jakarta yang berhasil mempertahankan posisi Juara Umum pada POMNas ke XVIII. Jakarta Juara Umum berturut-turut 18 kali di POMNas,” ujarnya, Jumat (24/11).

Ia mengungkapkan, capaian ini juga tidak terlepas dari perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pemuda dan Olahraga serta Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) DKI Jakarta terhadap pembinaan yang telah dilakukan untuk para atlet.

“Terima kasih dan apresiasi saya kepada para atlet dan ofisial, Pak Kadis Pora dan jajaran serta Bapomi. Kami di legislatif berkomitmen mendukung agar atlet-atlet Jakarta bisa meraih prestasi tertinggi, khususnya terkait persetujuan alokasi anggaran,” terangnya

Iman menegaskan, bagi atlet peraih medali di POMNas XVIII juga akan diberikan hadiah berupa uang apresiasi karena sudah berhasil mengharumkan Jakarta dalam kompetisi di tingkat nasional.

“Kita juga menyiapkan hadiah bagi para atlet yang berhasil meraih medali di POMNas. Komisi E DPRD DKI Jakarta juga telah menyepakati alokasi anggaran di 2024. Tidak hanya itu, Insya Allah dalam waktu dekat Pak Pj Gubernur akan bertemu dengan para atlet di Balai Agung,” ungkapnya.

Ia berharap, untuk pembinaan atlet yang lebih komprehensif dan optimal, Pemprov DKI Jakarta bisa segera merealisasikan fasilitas sport science untuk mencetak atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

“POMNas ini belum dapat menjadi parameter keberhasilan DKI Jakarta di PON karena banyak mahasiswa yang kebetulan sedang kuliah di Jakarta hingga bisa berlaga di POMNas mewakili DKI. Untuk itu, saya ingin kebutuhan adanya sport science bisa cepat direalisasikan,” bebernya.

Iman menambahkan, keberadaan sport science di DKI Jakarta sangat penting agar Jakarta tidak lagi kalah oleh Jawa Barat dalam mengejar prestasi Juara Umum di PON.

“Mohon doa warga DKI Jakarta agar kita bisa kembali meraih Juara Umum PON XXI di Aceh-Sumut tahun depan,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, DKI Jakarta berhasil menjadi Juara Umum POMNas XVIII dengan torehan 68 emas, 34 perak, dan 48 perunggu.

Dalam kompetisi olahraga mahasiswa yang berlangsung di Kalimantan Selatan 12-22 November 2023 tersebut, DKI Jakarta juga berhasil menjadi Juara Umum di cabang olahraga renang, catur, silat, karate, dan buku tangkis. (hop)