Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mengerahkan 1.680 petugas untuk melakukan pembersihan sampah dalam perayaan Natal 2020.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin mengatakan, penanganan kebersihan selama natal tetap diskenariokan seperti saat normal. Pihaknya juga tengah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, peralatan, dan armada penanganan sampah.

“Seluruh suku dinas dan Satlak kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing,” kata Syaripudin saat dikonfirmasi, Kamis (24/12).

Untuk wilayah kecamatan, terdapat 40 petugas untuk menangani kebersihan. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam natal. Pihaknya juga bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan untuk membersihkan lingkungan gereja.

“Walaupun gereja-gereja diimbau oleh Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) menggelar ibadah secara virtual atau tetap mengadakan dengan protokol kesehatan ketat, seperti membatasi jumlah jemaat. Namun, skenario kami tetap pelayanan optimal, tentu petugas menggunakan APD yang memadai,” tandasnya. (hop)