Pisangan baru

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sosial DKI Jakarta akan memberikan trauma healing pada warga terdampak kebakaran di Pisangan Baru III RT 03/06 Pisangan Baru, Matraman, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Sosial DKI Premi Lasari mengatakan, bantuan motivasi sosial ini perlu dilakukan agar mereka, terutama anak-anak tidak terganggu psikisnya. Program trauma healing ini akan paling lambat diberikan mulai, Jumat (26/3) besok, dan akan berlangsung selama 21 hari.

“Kita akan berikan penguatan motivasi sosial sehingga mereka tidak trauma. Dukungan psiko sosial bagi korban yang selamat perlu diberikan sehingga kejiwaan mereka pulih kembali,” kata Premi, saat di jumpai di lokasi kebakaran, Kamis (25/3).

Menurutnya, dalam kegiatan trauma healing ini ada motivasi dan dongeng serta permainan edukasi bagi anak-anak. Selain itu juga ada pemberian bantuan makanan tambahan berupa susu.

Mengenai tempat tinggal yang sudah terbakar, kata Premi, pihaknya akan koordinasi dengan pihak kelurahan, kecamatan dan pengurus RT/RW setempat. Karena warga korban kebakaran ini statusnya sebagai pengontrak rumah.

Camat Matraman Andriansyah menambahkan, saat ini warga terdampak kebakaran ditampung oleh pengurus RW setempat. Kebetulan juga ada rumah kosong yang bisa dimanfaatkan mereka untuk tinggal sementara.

“Untuk sementara mereka ditampung RW, kebetulan ada tempat yang sangat layak untuk mereka tinggal sementara waktu. Bantuan juga sementara ditampung di RW agar tertib dan aman,” jelas Andriansyah. (hop)