Gunung Anak Krakatau

Kastara.ID, Jakarta – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat Gunung Anak Krakatau kembali mengeluarkan erupsi pada Ahad (24/4) sore kemarin. Status gunung yang terletak di perairan Selat Sunda tersebut sekarang menjadi siaga atau level III.

“Tingkat aktivitas Gunungapi Anak Krakatau level siaga tiga,” demikian tulis keterangan Badan Geologi Kementerian ESDM, melalui website resminya, Senin (25/4).

Dalam laporan tersebut, terlihat asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal tinggi sekitar 3.000 meter dari puncak.

Sementara kondisi cuaca di Selat Sunda sekitar gunung dilaporkan berawan dengan suhu udara sekitar 28-29 derajat Celcius dan tingkat kelembaban 40-76 persen.

“Sesekali terdengar suara gemuruh letusan dari Gunung Anak Krakatau di Pos PGA Pasauran,” tulisnya lagi.

Di kesempatan yang sama, Badan Geologi mengingatkan kepada masyarakat agar tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer dari kawah.

“Masyarakat, pengunjung, wisatawan, pendaki agar tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif,” tandasnya. (ant)