Jakarta Hajatan

Kastara.IS, Jakarta – Pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 yang digelar Pemerintah Kota Jakarta Timur di Waduk Tiu, Cipayung, diisi dengan berbagai aneka kegiatan (24/5). Mulai dari hiburan hingga bazar produk UKM.

Kemeriahan Hajat Jakarta ke-495 di Waduk Tiu ini diawali degan Tarian Selamat Datang, diikuti dengan parade marching band dan aksi musik tradisional Betawi, Gambang Kromong. Di sepanjang jalan yang mengitari area waduk berjejer stand produk UKM dari 10 kecamatan.

Kegiatan pencanangan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar bersama sejumlah pejabat terkait yang hadir.

Anwar mengatakan, memilih Waduk Tiu sebagai lokasi pencanangan Hajat Jakarta ke-495 karena lokasinya sejuk, asri dan nyaman.

“Waduk Tiu ini dipilih sebagai lokasi pencanangan HUT Kota Jakarta karena waduk ini multi fungsi. Lingkungannya juga sejuk, teduh dan nyaman,” ucap Anwar.

Dia mengungkapkan, Waduk Tiu ini berfungsi sebagai pengendali banjir. Aliran air Kali Sunter dari hulu ke hilir kiriman dari Bogor ditampung ke dalam waduk melalui sodetan yang ada, sebelum dialirkan kembali ke hilirnya di daerah Cipinang Melayu, Pulo Gadung hingga laut Jawa.

“Fungsi kedua, waduk ini dijadikan ekowisata. Gubernur minta agar Waduk Tiu dipublikasikan, disosialisasikan ke masyarakat Jakarta untuk rekreasi,” ungkap Anwar. (hop)