MRT

Kastara.ID, Jakarta – Performa indeks kepuasan pengguna atau Customer Satisfaction Index (CSI) MRT Jakarta di tahun 2021 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. CSI MRT di tahun 2021 mencapai 88,29 lebih tinggi dari tahun 2020 dengan skor 86,64.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William P Sabandar mengatakan, pihaknya menggandeng perusahaan riset multinasional IPSOS untuk mengukur indeks kepuasan pelanggan. Riset dilakukan terhadap konsumen sebelum hingga setelah menggunakan layanan MRT.

“Perfoma CSI MRT Jakarta tahun 2021 menunjukkan peningkatan dibandingkan performa tahun sebelumnya. Peningkatan terlihat di seluruh bagian,” ujarnya, Rabu (25/5).

Dijelaskan William, bagian faktor pengalaman pengguna MRT dengan performa tertinggi berada pada Journey on-Board dengan skor mencapai 92,62. Jumlah itu lebih tinggi dari tahun 2020 yang membukukan Indeks 87,98.

Secara keseluruhan, tren positif terlihat di seluruh aspek dengan kenaikan tertinggi ada pada aspek People pada bagian Pre-Journey. Riset yang mencakup pra perjalanan bekerja sama dengan Jaklingko itu mencapai 91,26 atau lebih tinggi dari skor tahun sebelumnya 85,71.

Selanjutnya, jika dibandingkan dengan rata-rata industri, indeks kepuasan MRT Jakarta relatif lebih tinggi. Indeks kepuasaan pelanggan hanya bisa disamakan dengan industri otomotif.

“Kebersihan, kenyamanan, dan keamanan menjadi hal utama yang perlu dipertahankan dan dijaga oleh MRT menurut para pengguna,” tandasnya. (hop)