Rekonsiliasi

Kastara.ID, jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi sangat ingin bertemu dengan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Hal ini menurut Luhut dilakukan sebagai bagian dari proses rekonsilasi pasca Pemilu 2019.

Luhut menambahkan, bukan tidak mungkin Jokowi bakal menemui Prabowo di kediaman pribadinya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Hal yang sama juga pernah dilakukan Jokowi lima tahun lalu saat dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presidwn (Pilpres) 2014.

Luhut menyebut tidak ada yang tidak mungkin. Terlebih Jokowi yang memiliki sifat bersahaja bakal melakukan apa saja untuk kepentingan negara. Termasuk jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu harus mendatangi Prabowo.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sodiq Mujahid mengatakan, Jokowi telah beberapa kali mencoba menghubungi Prabowo seusai Pilpres 2019. Namun Prabowo menurut Sodiq masih perlu mempertimbangkannya.

Prabowo merasa perlu meminta masukan dari para pengurus Partai Gerindra serta pimpinan partai koalisi. Masukan tersebut perlu untuk memutuskan apakah akan menerima atau tidak upaya komunikasi dari Jokowi. Itulah sebabnya hingga saat ini mantan Danjen Kopassus itu belum mengambil keputusan terkait permintaan pertemuan dari Jokowi. (rya)