Kastara.id, Mataram – Pemerintah berkomitmen memutus mata rantai kekerasan anak sesuai semangat Hari Anak Nasional. Komitmen ini semakin diperkuat dengan melibatkan peran anak-anak Indonesia yang tergabung dalam Forum Anak Nasional.

Demikian pula dengan pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) dalam rangka Hari Anak Nasional 2016 yang, berlangsung sejak tanggal 19 dan 22 Juli 2016 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.  Acara ini dihadiri 750 orang terdiri dari Forum Anak Provinsi dan Kabupaten/Kota, stakeholders anak provinsi, NGO anak nasional dan provinsi, serta anak dari kelompok minoritas dan marginal.

Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, momentum pertemuan FAN 2016 sangat strategis untuk melibatkan peran anak dalam memutus mata rantai kekerasan anak. Kali ini mengangkat tema ‘Melalui Pemenuhan Hak Tumbuh Kembang dan Perlindungan Anak, Kita Tingkatkan Peran Forum Anak Dalam Memutus Mata Rantai Kekerasan terhadap Anak dan Mewujudkan Karakter Anak indonesia yang Berjiwa Pancasila’.

Pertemuan FAN 2016 digelar sebagai bentuk pemenuhan hak partisipasi anak, yang merupakan bagian dari empat hak dasar anak, sebagaimana yang disebutkan dalam Pasal 4 UU Nomor 23 tahun 2002 bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“FAN 2016 bertujuan untuk memberi ruang partisipasi anak dalam pembangunan, meningkatkan peran Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor dalam pemenuhan hak dan partisipasi anak dan mampu mengembangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, persaudaraan, patriotisme. Tujuan lainnya juga untuk mempertahankan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam menghadapi dinamika perubahan global,” ujar Menteri Yohana melalui keterangan tertulisnya yang diterima Minggu (24/7).

FAN 2016 telah melaksanakan rangkaian kegiatan, di antaranya pemberian Penghargaan Tunas Muda Pemimpin Indonesia dari tingkat SD, SMP, SMA, dan Umum yang akan diberikan pada peringatan Hari Anak Nasional 2016 dan pemberian Dafa Award kepada Forum Anak Provinsi, Kabupaten, dan Kota atas prestasinya dalam pendataan, yang diberikan oleh Forum Anak Nasional. (npm)