ASEAN Senior Officials Meeting on Health Development (SOMHD)

Kastara.ID, Jakarta – Saat ini seluruh negara menempatkan Coronavirus Disease (Covid-19) sebagai prioritas utama. Namun pada saat yang sama, pemerintah harus memastikan layanan kesehatan serta sistem kesehatan tetap berjalan dengan baik.

Hal tersebut dikatakan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat membuka ASEAN Senior Officials Meeting on Health Development (SOMHD) ke-15 yang digelar secara virtual (24/8).

“Kami membutuhkan fondasi yang kuat serta kerja kolektif untuk mengendalikan pandemi. Kami juga terus upaya memberikan perawatan kesehatan dan akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat,” kata Menteri Terawan.

Ia berharap melalui pertemuan ini, menjadi momentum untuk memperkuat sektor kesehatan ASEAN sehingga memiliki posisi yang lebih baik untuk mencegah, mempersiapkan, merespons, dan memulihkan kembali dari pandemi Covid-19 serta berkontribusi dalam keamanan kesehatan global.

SOMHD merupakan pertemuan yang digelar setidaknya sekali dalam setahun untuk membahas pembangunan kesehatan guna menghasilkan kebijakan strategis serta memberikan arahan agar tujuan serta target yang telah dirancang tercapai.

Pertemuan dihadiri oleh Focal Point SOMHD 10 Negara Anggota ASEAN, SOMHD ASEAN Plus Three (China, Jepang, ROK), Deputy-Secretary General of ASEAN for ASCC, perwakilan dari WHO, GAVI, dan mitra pembangunan lainnya. (ant)