Lions Club Indonesia

Kastara.id, Jakarta – Lion Club Indonesia Distrik 307-A1 Jakarta Mangga Dua Jaya berbagi kebahagiaan dengan anak-anak penderita kanker dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia yang berada di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, dengan mengunjungi Aquarium Jakarta di mal Neo Soho, Jakarta, Sabtu (23/9).

Acara yang diikuti oleh 20 anak penderita kanker yang didampingi oleh orang tua atau keluarganya merupakan salah satu agenda tetap dari Lions Club Indonesia. Salah satu misinya adalah berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam hal memberikan pelayanan kesehatan dan kegiatan sosial lainnya.

Dalam menjalankan kegiatannya, Lions Club Indonesia selalu memiliki tema yang berbeda. Dan tema kali ini adalah memberikan kebahagiaan kepada anak-anak penderita kanker agar anak terhibur dan bisa merasakan kebahagiaan untuk melihat satwa laut dari jarak dekat.

“Lions Club Indonesia merupakan organisasi sosial nirlaba yang memiliki misi kemanusiaan untuk berbagi dengan masyarakat. Biasanya lebih kepada masalah kesehatan dan pelayanan kepada masyarakat karena anggota Lions Club Indonesia adalah orang-orang yang memiliki vision untuk berbagi dan memiliki jiwa sosial yang tinggi,” ujar Dewi Sri, President Distrik 307-A1 Mangga Dua Jaya.

Sebagai organisasi amal yang tidak mencari keuntungan, berapa pun dana yang didapat semuanya harus dipergunakan untuk mejalankan kegiatan sesuai visi dan misi organisasi. Bila terjadi kekurangan, para anggota secara langsung mengambil dari kocek pribadinya secara sukarela.

Lions Club Indonesia merupakan organisasi internasional yang masuk ke Indonesia tahun 1967. Keanggotaannya bersifat terbuka tanpa melihat perbedaan suku, ras, dan agama. Dengan jumlah anggotanya sudah mencapai 1,4 juta anggota di dunia, 10.000 anggota di antaranya dari di Indonesia. Dana kegiatan pun berasal dari iuran angota dan para simpatisan baik secara perorangan maupun perusahaan yang mimiliki program CSR.

Lions Club Indonesia District 307 A mengacu langsung pada Lions Club Internasional yang kemudian berkembang menjadi A1 dan A2. Di tengah perjalannya terpisah lagi menjadi B1 dan B2 karena perkembangannya namun tetap mengacu langsung pada Lions Club Internasional. Perbedaan tiap district yang terdapat pada Lions Club Indonesia hanya pada pembagian wilayah kerjanya saja agar Lions Club Indonesia dapat menjangkau masyarakat lebih jauh lagi.

Menariknya, tiap tahun tetap ada laporan yang akan disampaikan saat konferensi yang diadakan secara bergiliran di antara club-club-nya demi kemajuan organisasi

Sebagai organisasi ekslusif, setiap orang tidak mudah menjadi anggotanya karena direkrut melalui sistem referensi atau orang-orang yang sudah dikenal terlebih dahulu. Rekrutmen ini bertujuan untuk menjaga hal-hal yang dapat merusak atau tidak sejalan dengan visi dan misi organisasi yaitu pengabdian dan kemanusiaan. (koes)