Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan, sejak Kaesang Pangarep bergabung ke PSI, muncul aspirasi dari DPW dan DPD agar putra Presiden Joko Widodo itu menjadi Ketua Umum DPP PSI.

“Aspirasi DPW dan DPD PSI itu tentu mengagetkan dan irasional. Sebab, Kaesang yang baru saja bergabung ke PSI sudah ingin didapuk menjadi ketum,” ungkap Pengamat Komunikasi Pokitik M Jamiluddin Ritonga kepada Kastara.ID, Senin (25/9) pagi.

Menurutnya, Kaesang juga belum terdengar prestasinya. Kariernya di dunia bisnis juga tidak moncer.

“Semakin irasional, karena Kaesang sosok yang sama sekali belum punya pengalaman di dunia politik. Kaesang ibarat politisi karbitan yang sangat belum layak menjadi ketum,” tandas pengamat dari Universitas Esa Unggul Jakarta ini.

Kalau hal itu nantinya terjadi, lanjutnya, maka sistem karier di PSI layak dipertanyakan. Partai ini terkesan belum punya sistem karier berjenjang untuk setiap kader. Siapa saja bisa loncat jadi pimpinan selama itu dikehendaki.

“Partai seperti itu jelas belum dikelola dengan manajemen modern. Karena itu, kalau Kaesang nantinya jadi Ketum PSI bukan karena kapasitasnya tapi karena partai itu memang dikelola tanpa manajemen yang jelas,” pungkasnya. (dwi)