Papua Nugini

Kastara.id, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang diwakili oleh Direktur D Bais TNI Marsma Suryo Margono, menyerahkan hibah amunisi kaliber 75 mm Saluting Gun kepada Chief Of Staff Papua New Guinea Defence Force (PNGDF) Captain (N) Philips Polewara. Penyerahan hibah amunisi tersebut dalam rangka menyukseskan pelaksanaan APEC, bertempat di Bandara Internasional Port Moresby, Papua Nugini (24/10).

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa Papua Nugini sebagai salah satu tetangga terdekat berbatasan langsung dengan Papua wilayah bagian timur Indonesia, dan kedua negara telah memiliki kesepakatan keamanan perbatasan dengan tidak melibatkan negara lain.

Hadi Tjahjanto juga memaparkan bahwa TNI memiliki komitmen untuk memberikan dukungan dalam rangka pelaksanaan APEC. “Hibah 562 catridges kaliber 75 mm akan digunakan dalam pelaksanaan APEC, sebagai salah satu komitmen TNI untuk mendukung PNGDF dalam pertemuan pemimpin APEC 2018 dan meningkatkan hubungan kerja sama antara TNI-PNGDF dalam kontribusi perdamaian dan stabilitas keamanan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa
Penuh (Dubes LBBP) Indonesia untuk Papua Nugini Ronald J.P. Manik mengatakan
bahwa pemerintah Indonesia telah mendukung pemerintah Papua Nugini menjadi tuan rumah APEC 2018 sebagaimana tercermin dalam pertemuan APEC di Bali 2013.

Dybes Ronald juga menyampaikan bahwa hubungan baik antara kedua negara berlangsung selama bertahun-tahun dan berkembang di bawah bimbingan kesepakatan saling menghargai, persahabatan dan kerja sama yang ditandatangani pada tahun 1986. (mar)