Jak Lingko

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Timur hari ini meluncurkan rute baru Jak Lingko di Terminal Kampung Melayu, Jatinegara. Kegiatan tersebut dihadiri jajaran Sudin Perhubungan, PT Transjakarta, PT Kopamilet Jaya selaku operator Jak Lingko.

Kepala Seksi Angkutan Jalan Sudin Perhubungan Jakarta Timur Umbul Gunawan mengatakan, rute yang diluncurkan yaitu Jak 42 jurusan Kampung Melayu-Pondok Kelapa.

“Peluncuran rute baru Jak Lingko ini sebagai upaya pemenuhan kebutuhan transportasi bagi masyarakat,” ujarnya, Jumat (25/10).

Dikatakan Umbul, Jak 42 ini melayani rute Kampung Melayu-Pondok Kelapa. Ini sebagai pengganti rute Mikrolet 31 yang sudah diremajakan. Bedanya Jak 42 ini rutenya sampai ke Rusun DP Nol Rupiah Pondok Kelapa untuk melayani warga Rusun.

“Total armada yang dioperasikan di rute ini sebanyak 20 armada,” jelasnya.

Ia menuturkan, sebelum diluncurkan, para awak angkutan umum ini diberikan pengetahuan lanjutan mengenai Jak Lingko. Selain itu, pihaknya juga melakukan survei lapangan dan pemasangan rambu di sepanjang lintasan rute.

Sementara, Wakil Ketua Kopamilet Jaya, sebagai salah satu operator Jak Lingko, Febby Aquardha mengatakan, saat ini ada 20 armada yang siap melayani masyarakat di rute Kampung Melayu-Pondok Kelapa.

“Saat ini juga ada 21 armada lagi yang siap masuk Jak Lingko, tinggal menunggu persetujuan dari PT Transjakarta,” tuturnya.

Sementara Tabrani (51) salah seorang supir Jak Lingko Jak 42 mengaku senang bisa bergabung dengan Jak Lingko. Sebab jam kerjanya sesuai dengan jam kerja para pekerja pada umumnya, yaitu delapan jam kerja dengan penghasilan sesuai UMP DKI.

“Harapannya dengan gabung di Jak Lingko kesejahteraanya akan lebih baik lagi,” tandasnya. (hop)