Rokan Hulu

Kastara.ID, Jakarta – Beberapa wilayah di Kabupaten Rokan Hulu diterjang banjir pada Ahad (24/11). Banjir yang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung selama beberapa hari mengakibatkan ratusan rumah terendam. Sebanyak 849 Keluarga atau 3.116 jiwa menjadi korban dari bencana tersebut.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Pekanbaru Amiruddin mengatakan, setelah mengetahui kejadian tersebut, pihaknya segera menerjunkan tim penyelamat untuk melakukan evakuasi kepada warga yang terkena dampak banjir, Senin (25/11). Meskipun ada beberapa warga menolak dievakuasi dengan alasan keamanan, pihak Basarnas tetap memberikan bantuan serta melakukan evakuasi kepada warga ke tempat yang lebih aman.

“Kalau mereka tidak mau dievakuasi dengan alasan ingin menjaga rumah, jika ditinggal akan kemalingan, dan alasan keamanan itu hak mereka. Namun kita akan fokus melakukan bantuan ke warga untuk evakuasi, karena salah satu tugas pokok kita adalah membantu menyelamatkan manusia atau jiwa,” pungkas Amiruddin.

Selain merendam ratusan rumah dan fasilitas sosial seperti tempat ibadah, banjir tersebut juga memutus akses jalan menuju desa yang terkena dampak banjir. (yan)