IPAL Ujung Menteng

Kastara.ID, Jakarta – Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL Jaya) meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di RPTRA Sangkuriang, Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.

Pejabat Sementara (Pjs) Dirut PD PAL Jaya, Hidayat Sigit Suryanto mengatakan, IPAL yang dibangun merupakan program Coroporate Social Responsibility (CSR) dibantu Induk Koperasi Angkatan Udara (Inkopau). Tak hanya itu, warga juga diberikan pengetahuan dan panduan tentang cara perawatan IPAL Komunal.

“IPAL Komunal ini dapat meng-cover 40 kepala keluarga (KK) atau 200 jiwa di RT 01/01 Kelurahan Ujung Menteng,” ujar Sigit (24/11).

Pada kesempatan itu, Sigit juga mengapresiasi semua pihak termasuki swasta yang telah berkolaborasi dalam mewujudkan IPAL Komunal. Sekadar diketahui, lahan tempat dibangunnya IPAL Komunal tersebut merupakan milik swasta.

“IPAL Komunal ini dibangun di atas lahan 100 meter persegi milik pihak swasta, kami yang membangun dan pemeliharaannya nanti dilakukan masyarakat,” katanya.

Pihaknya berharap dengan IPAL Komunal ini, warga yang tinggal di RT 01/01 Kelurahan Ujung Menteng dapat terbebas dari ancaman penyakit seperti stunting, gizi buruk, diare, dan lain sebagainya.

Camat Cakung Ahmad Salahuddin mengapresiasi program pembangunan IPAL Komunal di wilayahnya.

“Kelurahan Ujung Menteng akan dijadikan percontohan terkait pemanfaatan IPAL Komunal ini,” tandasnya. (hop)