Edi Suwito

Kastara.ID, Jakarta – RW 01 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit berhasil menjadi salah satu RW yang menyabet penghargaan Kampung Iklim Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021. Penghargaan diberikan langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam kegiatan Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Provinsi DKI Jakarta 2021 di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta (24/11).

Ketua RW 01 Kelurahan Pondok Bambu, Edi Suwito menuturkan, selama ini pihaknya telah melakukan penataan lingkungan di antaranya dengan membuat kampung sehat dengan menanami lahan kosong dengan tanaman obat-obatan. Lalu ada juga kampung produktif yang ditanami dengan tanaman produktif seperti buah-buahan dan membuat kampung pendidikan berkolaborasi dengan puskesmas serta Sudin Pendidikan wilayah setempat.

“Ini apresiasi yang luar biasa khususnya bagi warga RW 01 Kelurahan Pondok Bambu. Setelah mendapatkan penghargaan ini kami akan tetap bekerja keras untuk mendapatkan yang terbaik,” ujar Edi, ditemui di Balai Kota DKI Jakarta.

Tak cuma kali ini, sambung Edi, sebeumnya RW 01 Keluahan Pondok Bambu juga telah mendapatkan penghargaan seperti penghargaan Kampung Aktif Samtama Dua, penghargaan apresiasi penanganan COVID-19 dari Pemkot Jakarta Timur, dan penghargaan Kampung Tangguh tingkat Provinsi DKI Jakarta.

“Keberhasilan ini tentu berkat kerja keras dan kerja sama antara warga dengan pengurus RW yang ingin menciptakan lingkungan bersih dari sampah. Sesuai dengan arahan Gubernur, kebiasaan hidup bersih akan membentuk kota yang sadar lingkungan dan membuat nyaman saat kita beraktivitas di Jakarta,” katanya.

Sekadar diketahui, RW 01 Kelurahan Pondok Bambu juga telah berkolaborasi dengan empat perguruan tinggi di DKI Jakarta untuk mengajak dan mengedukasi warga terkait pengolahan limbah sampah. (hop)