ASN

Kastara.id, Depok – Sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok yang bertugas melakukan pengadaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Depok, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) selalu berupaya menyediakan dan membentuk ASN Kota Depok yang unggul dan berkualitas.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BKPSDM Kota Depok Supian Suri dalam Forum Rencana Kerja (Renja) OPD BKPSDM Kota Depok yang berlangsung di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Senin (26/2).

Salah satu upaya tersebut, lanjut Supian, adalah dengan memberi kesempatan bagi ASN di seluruh Indonesia dengan berbagai bidang kemampuan. Kesempatan tersebut diberikan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan SDM yang ada di masing-masing perangkat daerah yang dinilai masih kurang atau belum maksimal.

Menurut Supian, pihaknya telah membuka kesempatan untuk pegawai yang pindah ke kota Depok sebagai bagian dari upaya yang masuk dalam perencanaan penerimaan tahun 2018. “Tahun kemarin kita dapat 60 orang dari kementerian, dari kota dan kabupaten lain untuk menjadi bagian. Ini bagian tambahan. Kalau setiap tahun 60-60 aja lumayan,” jelasnya.

Ditambahkan Supian, untuk beberapa kasus, ada unit yang memang memiliki SDM terbatas dan mengatasinya dengan menggunakan kegiatan atau program untuk tenaga kerja non-PNS (Pegawai Negeri Sipil). Namun, sayangnya hingga saat ini, belum ada rekomendasi dan paket penerimaan pegawai non-PNS dengan perjanjian kerja karena hingga saat ini paket tersebut belum turun.

“Selama ini, situasi seperti ini juga masih sangat memungkinkan. Tapi mungkin ke depan, jika memang informasi itu sudah lengkap. Kita juga ada lewat penerimaan pegawai dengan perjanjian kerja, tapi paket P3K itu belum turun,” tambahnya.

“Jadi sebetulnya sampai saat ini belum ada rekomendasi khusus buat teman-teman yang masa kerjanya sudah lama, non PNS, kita belum dapat itu sendiri. Tetapi nanti, dengan P3K Insya Allah mereka bisa terakomodir,” pungkasnya. (rud)

Foto: Rudi Irwanto/Kastara.ID